Rabu, 13 Oktober 2010

Model Atom Mekanika Kuantum

Menurut Niels Bohr,elektron beredar mengitari inti menurut suatu orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. Hal ini tidak sesuai dengan fakta bahwa gerakan elektron menyerupai gelombang elektronmagnet.
Gelombang tidak bergerak menurut suatu garis,melainkan menyebar pada suatu daerah tertentu.Tidak mungkin membayangkan suatu gelombang yang bergerak pada suatu lingkaran dan selalu pada lingkaran itu.Walaupun gelombang yang dapat dikatakan tetapi tidaklah seperti yang dinyatakan oleh Bohr...
Pada tahun 1927,Erwin Schrodinger,seorang ahli matematika dari Austria,mengajukan teori atom mekanika kuantum.Menurut teori ini,kedudukan elektron dalam atom tidak dapat ditentukan dengan pasti;yang dapat ditentukan adalah probabilitas menemukan elektron sebagai fungsi jarak dari inti atom.Daerah dengan probabilitas terbesar menemukan elektron itu disebut orbital.Orbital digambarkan berupa awan yang tebal tipisnya menyatakan besar kecilnya kebolehjadian menemukan elektron di daerah itu.Bentuk dan tingkat energi orbital diperoleh dari apa yang disebut persamaan gelombang dari elektron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar